25 Mei 2009

Asal Usul Kucing


Garis keturunan kucing berasal dari kucing liar martelli (felis lumensis) yang saat ini sudah punah. Kucing ini selanjutnya menurunkan Felis silvestris yang selanjutnya menurunkan tiga jenis kucing, yaitu;

  • F. silvestris-silvestris (kucing Eropa tengah)
  • F. silvestris ornate (kucing gurun Asia)
  • F. selviestris lybica (kucing liar Afrika)

F. silvetris lybica inilah yang menghuni sebagian besar wilayah Asia dan Afrika utara, karena proses penjinakan maka kucing ini berkembang menjadi nenek moyang kucing peliharaan yang ada saat ini. Proses penjinakan kucing diduga terjadi secara alami berkaitan dengan perubahan perilaku manusia yang awalnya nomaden (tidak tinggal menetap) menjadi suatu koloni yang tinggal menetap. Manusia mulai bercocok tanam, membangun lumbung penyimpanan biji-bijian sebagai sumber pangan. Hal ini menarik kedatangan tikus dan hewan lainnya termasuk kucing liar. Kedatangan kucing-kucing ini memberi manfaat bagi manusia untuk mengendalikan tikus dan hama lainnya, sehingga manusia kadang memberikan sisa-sisa makanan bagi kucing. Hubungan simbiosis berlangsung terus hingga kucing yang liar itu lama-kelamaan menjadi jinak.

Orang Mesir kuno mengenal dewi kucing Mafdet sebagai pembunuh ular dan pelindung kerajaan. Panggilan kucing “Pus” diduga berasal dari nama kuil dewi kucing Pasht.
Seiring perkembangan rute perdagangan antar Negara di Eropa dan Asia maka kucing mulai menyebar ke pelosok Eropa dan Asia. Kucing-kucing ini umumnya berbulu pendek, namun makin ke timur jenis kucing bulu panjang banyak ditemukan. Diperkirakan gen kucing bulu panjang berasal dari kucing manul (Felis manul) di Asia tengah. Gen kucing bulu panjang menyebar dari Rusia, Pakistan, Turki dan Iran maka muncullah galur Anggora dan Persia.

Click to get cool Animations for your MySpace profile
Adenopets.blogspot.com!

5 komentar:

  1. waaahhh info yang menarik gan........
    heheheheh...............
    mapir balik ya blother....

    BalasHapus
  2. owh begitu ya,asal usul kucing

    BalasHapus
  3. owh baru tau saya,kalo asal usul kucing itu ada??????????

    BalasHapus
  4. Mau nanya nihh,asl usl kawasn kucing di mana yha ? Di dlm hutn atau lainnya ? Makasih Ya.
    Aku dri Malaysia :)

    BalasHapus